Resep Bolu Nutrijel Jeruk Super Enak, Lembut, Padat dan Kenyal

Resep Bolu Nutrijel Jeruk Super Enak, Lembut, Padat dan Kenyal
Resep Bolu Nutrijel Jeruk Super Enak, Lembut, Padat dan Kenyal

Bolu Nutrijel Jeruk ? Puding nutrijell pasti sudah tahu ya bun? Bahkan mungkin sering makan juga puding nutrijell dan olahan agar-agar lainnya. Tapi kalau bolu nutrijel yang disebut juga cake nutrijell sudah pernah makan belum ya? Kalau belum berarti wajib baca artikel mengenai resep bolu nutrijel jeruk yang saya bagikan sampai tuntas.
Hemm, mungkin saya termasuk orang yang ketinggalan mencicipi lezatnya bolu nutrijel jeruk ini. Soalnya jika dilihat kebelakang olahan bolu nutrijell aneka kreasi sudah booming dan ngehitz di akhir tahun 2016. Nah saya kok baru coba ya hihihi, mohon di maafkan memang baru ada waktu eksekusi di dapur. Soalnya dari kemarin lagi suka bikin chiffon cake jadi ya belum tergoda untuk mencobanya.
Setelah lihat postingan bolu nutrijell aneka rasa di timeline media sosial seperti di grup masakan facebook, twitter dan Instagram akhirnya goyah juga iman ini. Gimana tak tergoda, soalnya banyak sekali bunda-bunda yang review dan majang foto cake nutrijell ini dengan kreasi yang sangat menggoda selera. Duh, jadi penasan, ingin tahu juga bagaimana ya rasanya kalau bubuk nutrijell dibuat bolu (cake) rasanya seperti apa.
Dan jawabannya adalah ENAK! Asli, rasa dari cake bolu nutrijel ini enak dan sangat lembut. Aromanya sedap dan teksture dari bolu nutrijell ini tidak bikin seret di leher. Kadang kan ada tuh resep bolu ekonomis sederhana yang suka seret di leher kalau di makan. Kalau olahan resep bolu nutrijel yang satu ini tidak.
Oh iya, kali ini saya memilih untuk membuat bolu nutijel jeruk (orange). Walaupun sebenarnya ada kreasi bolu nutrijell lainnya yang tak kalah enaknya. Mulai dari bolu nutrijel leci, bolu nutijel mangga, bolu nutrijel melon, bolu nutrijel plain, bolu nutrijel strawberry, bolu nutrijel kelapa muda, bolu nutrijel coklat bolu nutrijel anggur dan bolu nutijel pandan coklat. Mungkin kreasi resep bolu nutrijel ini akan saya coba kapan-kapan 😀
Oke, bagi yang ingin mencoba bolu nutrijel yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Bolu Nutrijel Jeruk seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Bolu Nutrijel Jeruk Panggang

Bahan-bahan Bolu Nutrijell :

  • Telur 5 butir
  • Tepung terigu 220 gram (saya pakai tepung kunci biru)
  • Mentega atau margarin 200 gram, cairkan (saya pakai blueband cake & cookie)
  • Gula pasir 200 gram
  • SP 1 sendok teh

  • Nutrijell rasa jeruk ukuran 15 gram 1 sachet (bisa diganti dengan nutrijell rasa apa saja dari melon, anggur, strawberry dll. Suka-suka saja)

    Cara Membuat Bolu Nutrijel Jeruk :

    1. Langkah awal mixer gula, SP dan telur dengan kecepatan tinggi sampai mengembang.
    2. Turunkan kecepatan mixer, lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Setelah itu masukkan bubuk nutrijell jeruk.
    3. Masukkan mentega cair, aduk rata.
    4. Selanjutnya tuang diloyang yang sebelumnya sudah diolesi mentega dan ditaburi dengan sedikit tepung. Lalu panggang dengan suhu 170 derajat celcius kurang lebih selama 40 menit atau sampai matang. (disesuaikan dengan oven masing-masing ya bun, soalnya suka beda-beda)
    5. Angkat, dinginkan, keluarkan dari loyang lalu potong-potong sesuai selera. Sajikan!
    Aroma jeruk yang segar dan wangi sedap langsung nyebar saat adonan dipanggang. Hasil bolu nutrijel jeruk nya lembut dan enak, saya suka sekali aroma cake ini. Kalau ingin lebih kuat lagi aroma jeruknya bisa ditambahkan sedikit parutan kulit lemon atau bisa juga ditambahkan Nutrisari. Tapi menurut saya, sesuai resep bolu nutrijel jeruk yang saya tulis saja rasanya sudah pas dan mantap.

    Bolu Nutrijel Jeruk Lebih Enak Dimakan Langsung

    Menurut saya cake ini sudah enak dimakan langsung begitu saja, jadi tidak perlu pakai topping. Tapi kalau mau dikasih topping juga boleh. Tadi sih saya sempat iseng, saya ambil beberapa potong bolu nutrijel jeruk, saya iris jadi dua bagian lalu salah satu bagiannya saya olesi cokelat putih leleh dan saya taburi remukan biskuit oreo yang dihaluskan.
    Selain itu, saya juga sempat mencoba berkreasi dengan bolu nutrijel jeruk yang di beri topping parutan keju dan sedikit chocochip. Hhhhhm, rasanya enak juga! Jadi ada sensasi crunchy nya gitu. Tapi kalau buat saya yang tidak suka kudapan terlalu manis sih lebih enak menikmati bolu nutrijel jeruk tanpa diberi topping apapun. Nyemil cake ini paling enak ditemani segelas teh hangat, nikmat!Kreasi bolu nutrijel jeruk ini merupakan bolu nutrijel panggang. Namun bagi yang tidak punya oven, adonan bolu bisa dibuat dengan cara dikukus. Hasilnya sama lembutnya, kempus-kempus lembut.
    Walaupun kini lagi booming resep bolu nutrijel metode all in one (all in one menthod), bolu nutrijel no SP,  bolu nutrijel tanpa mixer, nutrijel ogura cake dan nutrijell comouflage, namun cara membuat bolu nutrijel jeruk ini cukup mudah untuk diikuti dan dipratekkan di rumah.  Apalagi bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemui dimana-mana, mulai dari Toko Bahan Kue (TBK) terdekat, swalayan ataupun di warung-warung pasar tradisional.

    Lebih enak pakai acid atau tidak? Bunda yang tentukan sendiri

    Oh iya, untuk acid nutrijellnya bisa dipakai bisa tidak ya bun. Kalau saya sendiri tidak pakai acidnya. Namun ada beberapa teman food blogger yang coba memasukkan acid ke dalam adonan cake nutrijellnya. Kata mereka rasanya tetap enak dan jadi sedikit unik. Ada rasa asam-asam khas acid gitu. Tapi semua kembali ke selera masing-masing saja ya 🙂
    Oke, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep dan Cara Membuat Bolu Nutrijel Jeruk Enak Lembut. Semoga bermanfaat, silahkan share ya bunda 🙂

Komentar

Entri Populer

Sejarah dan Resep Mendhut Nganten.. Makanan Khas Desa Tlogopucang

Cara Membuat Sempol Ayam Khas Malang Yang Lagi Ngehits Bangits

Resep Puding Roti Marie Regal Susu 3 Lapis by Tintin Rayner. Yummy Bangets